Pengertian Umroh, Hukum, Rukun, dan Syaratnya

Pengertian Umroh, Hukum,  Rukun, dan Syaratnya

 

Sebelum menjalankan ibadah umroh, ada baiknya Anda mengetahui tentang pengertian umroh terlebih dahulu. Tak hanya perihal pengertian umroh, tetapi juga syarat melaksanakannya, hukumnya, serta rukunnya. Masih banyak jemaah yang belum mengetahui dan memahami betul pengertian umroh, rukun, dan juga syaratnya. Untuk itu, artikel ini akan membahas secara singkat mengenai hal-hal tersebut.

 

pengertian Umroh

umroh merupakan salah satu kegiatan ibadah umat Islam yang dilaksanakan dengan hukum sunnah (tidak wajib), yaituperjalanan mengunjungi Kakbah untuk melaksanakan serangkaian ibadah, seperti thawaf,sa’I, hingga tahallul dengan syarat dan ketentuan yang terdapat dalam Alquran dan sunnah Rasul.

Secara harfiah, umroh berarti berkunjung. Maksudnya adalah berkunjung ziarah ke Baitullah untuk melaksanakan amalan seperti thawaf, sa’i, dan bercukur. Yang membedakan antara umroh dan haji adalah umroh dapat dilaksanakan kapan saja dalam setahun, sedangkan haji hanya pada waktu tertentu, yaitu di bulan haji.

 

Hukum Menunaikan Umroh

Sebagian ulama berpendapat bahwa umroh wajib dikerjakan sekali seumur hidup, dan sebagian lainnya mengatakan bahwa hukum umroh adalah sunnah: yang apabila dikerjakan mendapatkan pahala, dan jika tidak diltunaikan tidak akan berdosa.

 

Bila mengacu pada Surah al-Baqarah ayat 196, “Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umroh untuk Allah” maka dapat dikatakan bahwa umroh merupakan ibadah wajib. Sementara menurut riwayat Jabir, bahwa pernah ada seseorang yang bertanya kepada Nabi Muhammad apakah umroh itu wajib atau tidak, dan kemudian Beliau menjawab, “Tidak, dan ketika umroh maka itu lebih baik bagimu.” (HR. at-Tirmidzi).

 

Rukun Umroh

Adapun rukun umroh terdiri dari beberapa urutan, yaitu ihram atau berniat untuk menunaikan ibadah umroh, thawaf, sa’i, dan tahallulmemotong sebagian rambut. Seluruhnya dilakukan secara berurutan dan tertib untuk mencari ridha Allah SWT.

 

Syarat Melaksanakan Ibadah Umroh

Untuk dapat menunaikan ibadah umroh, terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi, seperti beragama Islam, sudah baligh, berakal, merdeka, mampu untuk melaksanakannya, serta untuk jemaah wanita harus memiliki mahram.

 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian umroh, hukum, rukun, serta syarat untuk menunaikannya. Bila Anda sedang mencari travel umroh murah yang terpercaya, Anda dapat langsung menghubungi Nur Dhuha Wisata Travel Umroh Surabaya.